Di Ulang Tahun Yang ke-123, BRI Luncurkan Produk Digital Bank Terbaru

MNCindonesia.co.id -Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menyebutkan bakal mengeluarkan produk terbaru di ranah digital banking. Ini untuk menyambut ulang tahun yang ke-123 tahun.

Namun, perseroan masih merahasiakan produk anyar tersebut sebelum resmi diluncurkan. Direktur Konsumer BRI, Handayani, mengatakan peluncuran produk digital banking itu merupakan sebuah upaya terobosan untuk menyongsong perkembangan transaksi online.

“Intinya begini. Produk-produknya lebih memperkuat lagi komitmen BRI untuk masuk serius ke digital bank. Jadi produk-produk itu nanti lebih men-support semua transaksi-transaksi yang berbasis digital,” jelasnya di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Dari segi tujuan, ia mengutarakan, produk-produk baru ini dibuat untuk mengedepankan efektivitas transaksi perbankan.

“Tujuannya itu untuk efisiensi juga, baik dari sisi proses maupun user experience,” tambah dia.

Sebelumnya, BRI telah memperkenalkan sebuah layanan digital dalam bentuk chatbot SABRINA on Voice (Smart BRI New Assistant).

Sementara itu, EVP Digital Center of Excellence BRI, Kaspar Situmorang, menjelaskan SABRINA on Voice merupakan terobosan teknologi dengan menggunakan virtual assistant chat untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui layanan yang cepat, akurat, aman, dan nyaman.

“Inovasi ini merupakan wujud komitmen kita untuk memudahkan dan mendekatkan nasabah dalam menggunakan layanan perbankan BRI,” kata Kaspar.

Layanan SABRINA on Voice sendiri merupakan program yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Berbasis chat.

Melalui aplikasi ini, BRI coba melayani nasabah dengan memberikan informasi berupa promo perbankan, pencarian ATM terdekat, hingga membeli tiket bioskop lewat pesan suara dari asisten virtual wanita.

Lebih lanjut, Handayani menyatakan, pihaknya saat ini belum bisa mengabarkan apa produk digital perbankan BRI terbaru yang nanti bakal dikeluarkan saat perseroan merayakan hari jadinya yang ke-123 tahun.

“Ada beberapa, nanti (diberi tahunya). Kalau enggak begitu enggak surprise dong, masa dikasih tahu sekarang,” ujar dia.

Sebelumnya, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menjalin bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia untuk memberikan layanan Cash Card. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah buat perusahaan masing-masing dan juga oleh masyarakat.

Direktur Konsumer BRI Handayani menjelaskan, kerjasama ini merupakan upaya strategis BRI untuk mempermudah KAI dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam struktur keuangannya secara keseluruhan melalui Cash Management System BRI.

Menurut perjanjian yang disepakati Agustus lalu, kerjasama ini juga berupaya untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan KAI dalam melakukan transaksi pembelian tiket perjalanan moda transportasi yang dikelola oleh KAI.

Hanya dengan menggunakan sumber dana produk T-Bank pada aplikasi KAI ACCESS, pelanggan dapat secara mudah, cepat, dan aman membeli tiket perjalanan untuk kebutuhan transportasi mereka.

“Dengan kerjasama strategi sini, kami yakin BRI dan KAI dapat bersinergi guna mendukung dan mengembangkan layanan bisnis terbaik bagi masyarakat luas. Melalui kerjasama ini, kami juga berharap terciptanya pengembangan bisnis baru terkait peningkatan kapasitas layanan dan bisnis di masing-masing pihak,” ujar Handayani seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin 1 Oktober 2018.

Sebelumnya, BRI juga telah menjalin kerjasama dengan KAI dengan menerbitkan Kartu BUMN bagi pegawai PT KAI, Juli tahun lalu.

Mohammad Irfan, selaku Direktur Bisnis Korporasi Bank BRI pada waktu itu mengatakan, kerjasama itu sejalan dengan program Kementerian BUMN untuk mendorong terciptanya sinergitas antar perusahaan BUMN, demi efisiensi dan efektifitas bisnis perusahaan.

“BRI siap melayani PT KAI melalui layanan perbankan yang terintegrasi dari hulu ke hilir untuk semua pegawai PT KAI di seluruh Indonesia,” ujar Irfan pada kesempatan yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

x